Sedang Marak!!! Waspada Modus Pencurian Pulsa Melalui Aplikasi MyTelkomsel

  RN7      

Modus Baru Penipuan Mengatasnamakan Provider Telkomsel

Pesatnya perkembangan teknologi di era digital saat ini, tentunya membuat kita semakin dimudahkan dengan berbagai aplikasi canggih yang bisa dengan mudahnya dikendalikan hanya melalui perangkat smatphone untuk mendukung berbagai keperluan dan aktifitas.

Modus Baru Pencurian Pulsa Melalui Aplikasi My Telkomsel
Namun gaez, tak hanya itu, ternyata hal tersebut juga dimanfaatkan beberapa penjahat siber sebagai ladang yang subur untuk melakukan penipuan dengan berbagai modus memanfaatkan hadirnya aplikasi digital.

Seperti yang marak baru-baru ini, dimana sebuah percobaan penipuan ditujukan bagi pengguna aplikasi multi transaksi MyTelkomsel miliknya provider seluler Telkomsel untuk perangkat smartphone.

Nah, bagi kamu pengguna aplikasi MyTelkomsel, tentunya telah mengetahui bahwa untuk bisa masuk ke tsel apps tersebut, kita akan dimintai  memasukkan nomor telepon terlebih dahulu untuk login.

Kemudian, memverifikasi nomor ponsel tersebut dengan 4 digit kode token yang dikirimkan melalui sms oleh pihak Telkomsel yang nantinya akan dimasukkan saat melakukan login sebagai kunci identifikasi pemilik nomor telepon sah yang meminta akses masuk aplikasi My Telkomsel.

Saat kode verifikasi tersebut dimasukkan ke aplikasi My Telkomsel, maka pelanggan pun bisa masuk ke aplikasi untuk mengakses berbagai fitur transaksi seperti pengisian pulsa, aktivasi paket data, keperluan transfer dan bayar tagihan hingga tukar poin Telkomsel.

Kelengahan pengguna aplikasi akan token kode verifikasi inilah yang dimanfaatkan para penjahat siber untuk menguras habis pulsa para korbannya. Modus maling pulsa -nya, si penipu akan menghubungi pelanggan Telkomsel dengan mengaku sebagai pihak provider tersebut untuk meminta kepada pelanggan calon korban agar menyebutkan empat digit kode verifikasi yang telah diterima si pelanggan melalui sms dari Telkomsel.

Kode Akses Aplikasi MyTelkomsel
Jadi gaez, agar tidak memakan banyak korban atas penipuan *323# tersebut, ada baiknya untuk lebih berhati-hati lagi dalam menyikapi oknum-oknum penipu yang biasanya selalu mengatasnamakan pihak provider untuk memuluskan aksi pencurian pulsa mereka. Untuk kasus ini, bila kamu tidak merasa melakukan login ke aplikasi tersebut sebaiknya diabaikan saja.

Dan sebenarnya, dalam SMS berisi kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh Telkomsel itu pihak provider sendiri telah memberi peringatan untuk tidak memberikan kode verifikasi tersebut kepada siapapun, sebab jika kode verifikasi ini sampai diketahui pihak lain, orang tersebut akan mendapatkan akses ke aplikasi My Telkomsel milik korban.

Dan lagi, setiap akses masuk menggunakan nomor ponsel ke aplikasi tersebut berhasil, pemilik nomor akan mendapatkan notifikasi dari myTelkomsel, dan  juga dijelaskan cara untuk segera menghentikan aktifitas tersebut jika dirasa ada yang aneh melalui dial kode *323*20#.

Untuk pengaduan kasus, Head of Media Relation Telkomsel Aldin Hasyim, mengatakan, Telkomsel memang memiliki wadah untuk pelanggan yang ingin melaporkan pengaduan, ungkapnya mengkonfirmasi kasus penipuan yang dialami para pengguna aplikasi My Telkomsel.

Cara melaporkan setiap upaya penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel, pelanggan bisa mengirimkan SMS ke nomor pengaduan 1616 (bebas biaya) dengan format pengaduan "PENIPUAN#NO.MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN". Selain itu juga bisa menghubungi email cs@telkomsel.co.id atau di halaman fan page facebook.com/telkomsel dan mention melalui akun Twitter @telkomsel. 

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Sedang Marak!!! Waspada Modus Pencurian Pulsa Melalui Aplikasi MyTelkomsel Jangan Lupa Tinggalkan Komentar

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment